Free atlas of human embryology from ESHRE (European Society of Human Reproduction and Embryology)!

Monday, 23 April 2018

  • Share :

Tahukah anda bahwa ESHRE menyediakan atlas gratis yang berisi tentang proses pertumbuhan oocytes sampai tahap fertilisasi dan perkembangan embryos?Atlas online ini dapat diakses melalui website http://atlas.eshre.eu/

Tahukah anda bahwa ESHRE menyediakan atlas gratis yang berisi tentang proses pertumbuhan oocytes sampai tahap fertilisasi dan perkembangan embryos?Atlas online ini dapat diakses melalui website http://atlas.eshre.eu/

Atlas ini merupakan salah satu sumber referensi yang sangat bagus untuk para embryologist di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Atlas online ini berisi lebih dari 400 gambar yang dimuat dalam 4 chapters yaitu: the oocyte, the zygote, the cleavage stage embryo and the blastocyst. Atlas ini menggambarkan dengan sangat jelas disetiap heading pada empat chapters tentang morphology dan morphokinetics oocytes, zygotes, embryos dan blastocysts yang dilengkapi dengan references yang sangata kurat dan up to date.

Chapter “the oocyte” dimulai dengan pertumbuhan cumulus enclose-oocytes diikuti dengan oocyte maturation stage, oocyte size and shape dan diakhiri dengan gambaran cytoplasmic dan extracytoplasmic oocytes. Untuk chapter "the zygote" digambarkan dengan detail bagaimana terjadinya fertilisasi dan gambaran normal dan abnormal dari pronuclear bodies dan embryos cytoplasmic.

Chapter ketiga memuat paparan morphology dan morphokinetics embryos. Pada chaper terakhir tentang “the blastocyst” akan dijelaskan cara scoring blastocysts termasuk gambaran abnormalitas pada cytoplasmic of blastocyst berdasarkan The Istanbul consensus document (Alpha Scientists in Reproductive Medicine and ESHRE Special Interest Group of Embryology, 2011) yang mengadaptasi scoring dari sistem Gardner and Schoolcraft.

Dalam kata pengantarnya Magliet al berharap atlas online yang dapat di aksess ecara gratis ini dapat bermanfaat bagi embryologist untuk dapat melakukan scoring dan grading human embryos secara universal dan berstandarisasi berdasarkan literature ilmiah yang telah dipublikasikan oleh Alpha Scientist dan ESHRE Special Interest Group in Embryology.

Bila anda seorang embryologist, clinician atau scientist yang bergerak di bidang human reproduction khususnya embryology, atlas ini harus masuk dalam salah satu references anda. Please check it!